Sabtu, 28 November 2009

Temanggung : Sholat Idul Adha di Kowangan Temanggung

Khotbah Idul Adha di Lapangan tenis terbuka Kowangan Temanggung dengan khotib sekaligus imam adalah ustad H. Rohmadi, SH.MHum dari Widya Iswara.

Shalat dimulai pulul 06.40 WIB dengan diikuti seribuan jamaah muslimin dan muslimah dari kelurahan Kowangan Temanggung.

Setelah bersyukur dan bersholawat atas nabi SAW, khotib kemudian menyampaikan khutbahnya. Isi khutbah antara lain :
Saat ini banyak orang mengeluh karena kesulitan hidup yang dialaminya, baik secara individu maupun kelembagaan, tetapi kesulitan itu akibat dari lupa untuk bersyukur kepada Alloh sehingga hati menjadi sempit.
"Ingatlah juga tatkala Tuhanmu memaklumkan bahwa sesungguhnya jika kamu bersyukur, Alloh akan menambah nikmat kepadamu dan jika kamu mengingkari maka Azab Alloh sangatlah pedih"
Menurut khotib, salah satu tanda kita bersyukur adalah dengan berkurban pada hari Idul Adha tentunya bagi yang mampu. (Apakah kita termasuk orang yang mampu? jawablah sendiri dengan jujur pertanyaan
itu. red)
Masih menurut khotib, bahwa kesulitan hidup yang mengakibatkan banyak manusia mengeluh adalah karena telah berkurangnya kejujuran dimasyarakat. Banyak orang mudah marah jika keiinginannya tidak terlaksana terutama dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kekuasaan baik kekuasaan atas harta maupun jabatan.
Sesungguhnya Alloh telah mengilhamkan sifat ingkar dan taqwa kepada setiap manusia, dan manusia akan memiliki kecondongan kepada kedua sifat itu sesungguhnya yang paling beruntung adalah mereka yang mensucikan jiwanya dengan taqwa. Dan Alloh telah menganugerahi manusia, petunjuk jalan yang lurus berupa Al Quraan dan telah mengutus para Rosulnya.

Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaqwa .
Temanggung, 27 Nop 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar