Minggu, 18 Oktober 2009

17 orang tetangga kita berangkat Haji tahun ini

Ahad pagi, 18 Oktober 2009, ratusan muslimin dan muslimah sudah berkumpul di Gedung Dakwah, seperti biasanya mereka bersiap untuk mengikuti kuliah subuh.



Ada yang istimewa pagi ini, yaitu kuliah subuh dilakukan bersamaan dengan acara  penglepasan calon jamaah haji kelurahan Kowangan Kecamatan Temanggung tahun 2009 yang jumlahnya mencapai 17 orang. Jumlah yang cukup banyak, mengingat itu hanya satu kelurahan saja.

Kesadaran kaum muslimin Temanggung untuk menunaikan ibadah haji semakin besar, disamping karena kondisi ekonomi yang membaik, juga kesadaran iman mereka semakin mantap.Teguran Alloh berupa bencana akhir-akhir ini turut andil dalam semakin memantapkan tekat mereka untuk menjalankan ibadah dengan lebih serius dengan mendapat prioritas yang utama.

Acara pagi ini dimulai secara berturut-turut dengan membaca ayat suci Al Quraan, sambutan panitia kuliah Ahad Pagi yang diwakili ketua ranting Muhammadiyah Kelurahan Kowangan, sambutan Kepala Kelurahan Kowangan, Prakata perpisahan dan mohon doa dari wakil calon jamaah haji, dan terakhir adalah tausiyah dari ustad H Drs. Taufiq Hartono.


Pesan dari ustad Taufik kepada calon jamaah haji yang akan berangkat dan para hadirin sekalian adalah
1. bahwa dalam menjalankan ibadah haji harus murni dengan niat karena Alloh saja secara ikhlas.
2. Sabar dalam menghadapi cobaan apapun diperjalanan, saat menjalankan manasik di tanah suci dan
    sesampainya kembali ke rumah.
3. Tawakal kepada Alloh karena untuk Nya saja kita beribadah dan apa yang akan terjadi adalah urusan Nya
    juga.

Tidak lupa yang penting lagi adalah jangan sampai terjebak pada perbuatan syirik yang mungkin tidak disadari atau karena kurangnya ilmu.
Perilaku kesyirikan yang sering terjadi antara lain sepulang dari Mekah sambil membawa batu dari sana dengan tujuan agar dagangannya laris, rumahnya aman, dan sebagainya.Bersikap berlebihan diarea makam rosulullah, dan masih banyak kesyirikan yang terjadi justru dilakukan pada saat dan sepulang dari menjalankan ibadah haji.

Janganlah kita menyelingkuhi (syirik /menyekutukan) Alloh, karena akan membangkitkan murkaNya. Dosa syirikpun tidak diampuni, jadi hati-hatilah dengan urusan yang satu itu.

Bagi mereka yang belum berkesempatan berangkat ibadah haji segeralah mendaftar atau minimal membuka rekening haji di bank sebagai bukti niat sudah ada dalam hati. Janganlah berpikir karena hati belum siap atau masih banyak dosa menghalangi kita untuk menjalankan ibadah haji.Justru karena kita banyak dosa  maka jalankan ibadah dan mohonlah ampunanNya agar jika umur kita telah habis dosa sudah diampuni dan kewajiban sudah ditunaikan.


Semoga para calon jamaah haji kita ini mendapat balasan dari Alloh dengan pahala haji mabrur, dan yang belum berkesempatan berangkat diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah haji di masa datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar